Senin, 22 April 2013

TIPS PROMOSI ONLINE UNTUK RESELLER DROPSHIP

Saat ini di seluruh dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya terdapat banyak sekali toko online yang menjual berbagai macam produk. Toko online itu biasanya membuka kesempatan bagi para reseller untuk membantu penjualan toko tersebut. Hal ini menjadi kerjasama yang saling menguntungkan atau yang sering disebut simbiosis mutualisme antara toko online dan reseller. Di satu sisi, toko online penjualannya akan meningkat dengan adanya reseller dan di sisi lain reseller pun mendapat keuntungan dari penjualan itu.

Pada postingan kemarin telah dibahas informasi mengenai peluang usaha reseller yang menjalankan usaha dengan  sistem dropship atau lebih dikenal dengan nama reseller dropship. Sebagai lanjutannya, kali ini saya akan coba memberikan sedikit tips promosi online untuk reseller dropship.

Sebenarnya untuk memasarkan produk secara online, anda tidak diharuskan memiliki kemampuan khusus. Adapun kemampuan khusus seperti menulis artikel atau mengedit foto merupakan kemampuan yang dapat menunjang pemasaran. Berikut beberapa tips cara melakukan promosi secara online :
  • Melalui social networking

Zaman sekarang ini siapa sih yang tidak mempunyai akun facebook ? Hampir setiap orang baik tua maupun muda rata-rata mempunyai akun facebook. Dengan besarnya jumlah pengguna facebook memberikan peluang besar kepada kita untuk memasarkan produk. Anda cukup mengupload gambar dengan mencantumkan spesifikasi produk dan update status di facebook. Jangan lupa untuk memperbanyak pertemanan  karena semakin banyak teman anda maka peluang untuk terjualnya produk semakin besar. Selain facebook, social networking lain seperti twitter dapat juga anda pilih untuk promosi online.
  • Melalui chating
Bila anda mempunyai hobi chating di ym atau yang sekarang sedang tren seperti we chat, line, kakao talk, kini saatnya hobi anda dapat menghasilkan uang. Promosikanlah produk anda kepada teman chating anda. Tetapi jangan tawarkan secara langsung bila anda memang belum mengenalnya. Awalilah dengan hal - hal ringan seperti bertanya hobinya, profesi, alamat dll. Bila anda telah cukup mengenalnya baru anda alihkan pembicaraan ke produk anda.
  • Melalui situs jual beli gratis
Saat ini banyak sekali situs jual beli yang beredar. Anda dapat memanfaatkan layanan itu untuk memasarkan produk anda dengan memasang iklan. Pilih situs jual beli yang populer yang sering dikunjungi oleh ribuan orang. Beberapa situs jual beli yang populer adalah Iklan Baris, Toko Bagus dan Berniaga. Atau anda bisa juga memasang iklan di forum - forum seperti Detik Forum, Viva Forum, dan Kaskus.
  • Melalui blog
Buatlah blog gratisan di blogger atau wordpress mengenai produk anda. Pasang gambar-gambar produk anda di blog, kemudian hubungkan blog anda dengan facebook dan twitter. Sebuah blog dapat menjadi alat marketing yang hebat bila anda telah menguasainya.

Agar usaha reseller anda sukses, tetaplah fokus pada bisnis anda dan jadikan sabar sebagai bagian dari usaha anda. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai promosi online ini. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

2 komentar:

  1. wuih thanks gan infonya :)
    other info gan semoga bermanfaat
    agen tiket pesawat

    BalasHapus
  2. Makasih gan sangat bermanfaat.. Kunci utama sabar dan sabar.. Heheh :D
    www.sosdistro.com

    BalasHapus